Senin, 31 Januari 2011

sejarah facebook

Well,
meski sering pesbukan pasti banyak yang belum tahu toh sejarahnya
pesbuk tuh gimana.. sama keq sayah he he he well ini ada artikel saya
sedotin dari blog tetangga buat sobat sekedar nambah wawasan monggo...

Asal mula Facebook berawal ketika Mark Zuckerberg (saat itu mahasiswa
semester II Harvard University) membuat sebuah situs kontak jodoh untuk
rekan-rekan kampusnya. Zuckerberg yang terinspirasi dari situs Hot or
Not menamai situs buatannya Facemash.com. Metode situs ini yaitu
menampilkan dua foto pasangan (pria dan wanita), di mana selanjutnya dua
pasangan ini akan dipilih oleh para anggota situs mana pasangan yang
paling "hot”. Nah, untuk menampilkan foto-foto pasangan di situs ini,
Zuckerberg berupaya dengan segala cara mencari foto-foto rekannya dengan
cara keliling ‘door-to-door’ untuk meminta foto.1


Saking nekatnya, Zuckerberg membobol akses jaringan komputer kampusnya
untuk mendapatkan foto-foto tambahan. Namun aksi ini diketahui pihak
kampus dan mereka selanjutnya memblokir situs Facemash.com diikuti
dengan tindakan sanksi kepada Zuckerberg dengan ancaman akan memecatnya
dari kampus (walaupun ancaman ini tidak jadi direalisasikan). Atas
tindakannya itu, Zuckerberg membela diri dengan mengatakan "Tindakan
pihak kampus yang memblokir situs facemash.com memang benar alasannya,
namun sayang mereka tidak menyadari potensinya yang bisa saja menjadi
alat pendongkrak popularitas bagi kampus itu sendiri”. Ia melanjutkan
"Cepat atau lambat, nanti juga akan ada orang lain yang membuat situs
serupa”.

2004

Tidak kapok, pada semester berikutnya, tepatnya pada tanggal 4 Februari
2004, Zuckerberg membuat sebuah situs baru bernama "The Facebook” yang
beralamat URL: http://www.thefacebook.com.
Untuk situs barunya ini, Zuckerberg berkomentar sarkas: "Menurutku
upaya pihak kampus yang ingin membuat media pertukaran informasi antar
civitas akademik yang butuh waktu bertahun-tahun adalah hal yang konyol.
Dengan situsku ini, aku bisa mengerjakannya cuma dalam waktu seminggu
saja”.2

Saat pertama kali diluncurkan "The Facebook” hanya terbatas di kalangan
kampus Harvard saja. Dan sungguh menakjubkan! Dalam waktu satu bulan
para penggunanya sudah mencakup lebih dari setengah jumlah mahasiswa
Harvard saat itu. Selanjutnya, sejumlah rekan Zuckerberg turut bergabung
memperkuat tim thefacebook.com. Mereka adalah Eduardo Saverin (analis
usaha), Dustin Moskovitz (programmer), Andrew McCollum (desainer
grafis), dan Chris Hughes.

Bulan maret 2004, thefacebook.com mulai merambah ke beberapa kampus lain
di kota Boston, AS dan juga ke sejumlah kampus ternama seperti
Stanford, Columbia, Yale, dan Ivy League. Tak butuh waktu lama, situs
ini telah tersebar penggunaannya di hampir semua kampus di AS dan
Kanada. Bulan Juni 2004, Zuckerberg, McCollum dan Moskovitz memindahkan
markas ke Palo Alto, California. Di sini mereka turut dibantu juga oleh
Adam D’Angelo dan Sean Parker.



Pertengahan 2004, thefacebook.com mendapat investasi pertamanya dari

salah seorang pendiri PayPal, Pieter Thiel.

2005

Bulan Mei 2005, thefacebook.com mendapat suntikan dana segar hasil join
venture dengan Accel Partners. Tanggal 23 Agustus 2005, thefacebook
secara resmi membeli nama domain mereka dari Aboutface.com seharga USD
200.000 dan sejak saat itu penggalan frase "the” tidak dipakai lagi
sehingga nama mereka resmi menjadi facebook.com.

Pada tahun 2005 ini juga, facebook telah memperluas jangkauan pengguna
ke kalangan pelajar SMA. Masih di tahun yang sama, sejumlah universitas
di Meksiko, Inggris Raya, Australia dan Selandia Baru juga sudah bisa
menikmati jaringan Facebook.

2006

Awal tahun 2006, Facebook diisukan akan diakuisisi oleh sebuah
perusahaan dengan harga USD 750 juta, bahkan tawarannya melonjak hingga
USD 2 miliar. Namun kabar ini tak terbukti. Pada bulan April 2006,
Facebook mendapat suntikan dana segar USD 25 juta hasil investasi dari
Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners. Bulan Mei
tahun yang sama Facebook mulai merambah benua Asia melalui India. Di
pertengahan tahun, gilliran Israel dan Jerman. Akhirnya pada 11
September 2006, Facebook merubah status registrasinya menjadi "free to
join” bagi semua pemilik alamat email valid di seluruh dunia.

2007

Bulan September 2007, Microsoft mengumumkan telah membeli 1,6% saham
Facebook senilai USD 15 miliar. Dalam pengambilan saham ini juga
tercakup kesepakatan bahwa Microsoft memiliki hak untuk memasang iklan
mereka di Facebook. Melihat langkah ini sejumlah pemain raksasa lain
seperti Google, Viacom, Friendster juga mengungkapkan minat mereka untuk
berinvestasi di Facebook. Sebelumnya di tahun 2006, Yahoo! telah
menawarkan tawaran akuisisi senilai USD 1 miliar. November 2007, seorang
miliuner Hongkong Li Ka-shing menanam investasi senilai USD 60 juta di
Facebook.

2008

Pada Agustus 2008, majalah Business Week melaporkan sejumlah pihak lain
telah ikut menanamkan saham di Facebook sehingga diperkirakan nilai
Facebook berkisar antara USD 3.75 miliar sampai USD 5 miliar

Situasi Situs

Pengguna Facebook kini dapat bebas bergabung ke banyak jaringan yang
diatur berdasarkan kota, lokasi kerja, sekolah maupun negara.
Jaringan-jaringan ini kemudian akan menghubungkan para anggotanya.
Sesama pengguna dapat berhubungan dengan teman-temannya dan bisa saling
melihat isi profil pribadi.

Situs Facebook mendapatkan pemasukan utama dari iklan-iklan yang
terpasang padanya. Para pengguna bebas membuat profilnya masing-masing
yang di dalamnya bisa berisi foto dan info-info pribadi lainnya. Selain
itu dapat juga saling mengirim pesan, bergabung dengan sebuah grup atau
lebih. Secara default, Facebook mengatur profil pengguna hanya bisa
diakses oleh sesama pengguna yang telah berteman. Namun pengaturan ini
bisa nanti dirubah jika diinginkan.

Microsoft adalah mitra eksklusif Facebook dalam menayangkan iklan-iklan
banner. Inilah sebabnya mengapa Facebook hanya menayang iklan-iklan yang
termuat dalam jaringannya Microsoft. Menurut comScore (situs periset
internet marketing) saat ini Facebook mengumpul data pengguna sebanyak
yang dikumpulkan oleh Google dan Microsoft.

Dalam hal tampilan, Facebook sering dibanding-bandingkan dengan MySpace
dan Friendster. Namun perbedaaan utama antara mereka ialah MySpace dan
Friendster mengizinkan pengguna mendekorasi tampilan profilnya dengan
fitur HTML dan CSS, sedangkan Facebook hanya mengizinkan fitur teks saja
sehingga semua tampilan profil pengguna terlihat seragam.

Fitur

Facebook memiliki sejumlah fitur interaksi antar sesama pengguna yang di
antaranya adalah fitur ‘Wall/Dinding’, ruang tempat sesama pengguna
mengirimkan pesan-pesan terbuka, ‘Poke/Colek’, sarana untuk saling
mencolek secara virtual, ‘Photos/Foto’ ruang untuk memasang foto, dan
‘Status’ yang menampilkan kondisi/ide terkini pengguna. Mulai Juli 2007,
Facebook mengizinkan pengguna untuk mengirim berbagai lampiran (tautan,
aplikasi, dsb) langsung ke Wall/Dinding, di mana sebelumnya yang
diizinkan hanya teks saja.

Seiring perjalanan waktu, Facebook menambahkan beberapa fitur baru ke
dalam situsnya. Pada September 2006, Facebook mengumumkan peluncuran
News Feed/Rangkaian Kabar Berita yang berisi kilasan informasi dari
masing-masing pengguna. Mulanya fitur ini bersifat terbuka dan bisa
dilihat oleh siapa saja. Namun setelah mendapat keluhan dari beberapa
pengguna, pihak Facebook merubah pengaturan fitur ini sehingga kini
pengguna dapat mengatur mana yang bisa ditampilkan di News
Feed/Rangkaian Kabar Berita dan mana yang tidak.

Fitur Catatan/Notes ditambahkan pada 22 Agustus 2006. Dalam fitur ini
pengguna bisa mengimpor tulisannya di blog lain (Xanga, LiveJournal,
Blogger, dll) untuk ditampilkan di Facebook. Tanggal 7 April 2008,
Facebook meluncurkan salah satu fitur favorit yaitu ‘Chat/Obrolan’,
tempat di mana para pengguna bisa saling berkirim pesan pribadi secara
langsung dan real time.

Fitur ‘Gifts/Hadiah’ dimulai pada 8 Februari 2007. Fitur ini adalah
fitur untuk saling berkirim hadiah. ‘Hadiah’ bisa dibeli dengan harga
USD 1 dan ditambahkan pesan pribadi. Tanggal 14 Mei 2007, Facebook
memperkenalkan ‘Marketplace’ yang mengizinkan pengguna untuk beriklan
secara gratis. Fitur beriklan gratis ini dibuat untuk menyaingi fitur
serupa yang diperkenalkan oleh Craiglist.

Juli 2008, Facebook merapikan tampilan situs sehingga setiap kategori
(dinding, info, foto, dll) memiliki tab-tab terpisah. Mulai Maret 2009,
Facebook merapikan tampilan "Home/Beranda”.

Platform

Pada 24 Mei 2007, Facebook mempromosikan Facebook Platform. Ini adalah
sarana bagi para pengembang software untuk menciptakan aplikasi yang
bisa digunakan di Facebook. Langkah ini segera disambut oleh para
pengembang software sehingga sampai 25 Maret 2009 tercatat ada 52.000
aplikasi dengan jumlah pengembang sebanyak 660.000 pihak. (unik)

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP